100 persen Pangan Lokal

i'm Locavore

10 Alasan untuk selalu mengkonsumsi Pangan Lokal

Print

10 Alasan untuk selalu mengkonsumsi Pangan Lokal

  1. Mengkonsumsi pangan lokal dapat menggerakkan ekonomi lokal. Studi yang dilakukan New Economics Foundation di London, menunjukkan satu dolar yang dibelanjakan ditingkat lokal dapat menghasilkan pendapatan dua kali lipat bagi perekonomian lokal.
  2. Lebih segar.  Banyak produk segar, seperti sayur yang dijual dalam lemari pendingin sudah dipetik lebih dari sehari bahkan seminggu. Sementara untuk buah-buahan impor, paling cepat 6 bulan lalu.
  3. Rasanya lebih enak.   Produk segar bukan hanya berpengaruh pada rasa tetapi juga kandungan gizinya.
  4. Buah lokal dapat dipanen saat pas matangnya.  Karena jarak dekat, buah tidak perlu penanganan yang lebih rumit dan mahal.  Tak ada yang lebih nikmat dari buah matang pohon kan?
  5. Semakin sedikit emisi yang dikeluarkan, karena jaraknya semakin dekat.
  6. Membuat kita berhubungan dengan musim.  Masih ingat kan musim mangga, musim rambutan, durian di bulan-bulan yang berbeda. Selain rasanya lebih enak, harganya menjadi tidak terlalu mahal.
  7. Sumber cerita yang menarik.  Dari asalnya, bagaimana menghasilkan pengetahuan dibaliknya.  Berbagai hal ini yang digali oleh komunitas  Underground Secret Dining saat menikmati makanan lokal.
  8. Melindungi dari sumber pencemaran dan penyakit.  Beberapa wilayah dikenal memiliki penyakit tertentu, pada sapi misalnya penyakit mulut dan kuku, atau bakteri pencemar lainnya. Tahu dari mana asal makanan kita dapat meminimalkan hal ini.
  9. Memacu kreatifitas untuk menciptakan menu baru dari yang tersedia.  Petani berlahan sempit pun dapat mengelola lahannya dengan beragam jenis tanaman pangan, yang siap dikonsumsi konsumen.  Retailer besar biasanya menuntut jumlah yang besar dengan ukuran beragam.
  10. Mendukung penghasil pangan lokal skala kecil, juga mendukung pengelolaan lahan berkelanjutan. Sudah banyak lahan pangan yang diubah menjadi ruko atau pun kebutuhan lain, adanya permintaan terhadap pangan lokal, wilayah-wilayah pangan dapat terlindungi.   (diolah dari Jennifer Maiser, penggiat pangan lokal; 2005)

Kalau cara kita mengenyangkan diri bisa merubah banyak hal yang tidak pas sebelumnya, kenapa tidak.  Mari kita nikmati pangan lokal kita.

Yes i’m locavore. 

locavorepangan lokal

Locavore • May 18, 2015


Previous Post

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *