100 persen Pangan Lokal

i'm Locavore

Festival Desa 2016

posterpengumuman-01

Melekatkan rasa, Menggerakkan Ekonomi Desa
Jakarta, 28-30 Oktober 2016

Festival Desa 2016, digelar sebagai wadah untuk untuk mempertemukan produsen pangan, kerajinan dan lainnya di pedesaan dengan konsumen kota, juga komunitas dan pribadi yang peduli dengan potensi desa. Festival Desa juga ingin mengingatkan agar arah kebijakan pangan dan pedesaan benar-benar sesuai dengan semangat Kedaulatan Pangan dan memperkuat pedesaan. Festival Desa berharap, dapat menjadi ajang temu untuk memulai wirausaha sosial;menjadi tempat untuk terus saling mengenal dan menjaga hubungan antara masyarakat desa dan kota, serta membangun pemahaman bahwa kekayaan pangan dan sumberdaya lainnya kekayaan lainnya yang dimiliki negeri ini harus terus dijaga, dikelola dan dirayakan sebagai dasar untuk bangsa yang lebih sehat dan kuat.

Tentang Festival Desa

Festival Desa kali ini merupakan Festival Desa ke 5. Pertama kali digelar pada 23-25 Maret 2012, di Bumi Perkemahan Ragunan, tahun berikutnya pada November 2013, kemudian pada 24-26 Oktober 2014. Festival Desa dilakukan sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Pangan Sedunia, sebagai upaya untuk mendorong sistem pangan Indonesia yang lebih kuat dan sehat. Tema FD yang pertama “Saling Jaga, Saling Dukung”, untuk menyatukan kembali hubungan antara produsen di desa dengan konsumen kota yang terputus. Tema Festival Desa yang kedua adalah “Merawat Sumber Pangan Kita”. Tema ketiga, 2014: “Merayakan keberagaman pangan kita, mendukung Para Penghasil Pangan Lokal”. Pada 2015, tema yang diusung adalah Pangan Lokal untuk Indonesia Sehat: “Let’s move & Eat Local”

Tahun ini, untuk mengingatkan kembali pentingnya dukungan terhadap desa mengangkat tema: “Melekatkan rasa, Menggerakkan Ekonomi Desa”. Diharapkan Festival Desa 2016 dapat menjadi pengingat untuk kembali mencurahkan perhatian dan upaya menggerakkan desa-desa kita.

Locavore • October 21, 2016


Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *