100 persen Pangan Lokal

i'm Locavore

Changing

world_wildlife_fund-_change_the_way_you_think_about_food_1280x720

Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself #Leo Tolstoy#

“Kalau saja semua taat aturan pasti gak kejadian deh.”  Kesadaran itu melintas cepat saat mendengar kabar tentang tabrakan antara kereta dan mobil tangki berisi bahan bakar yang membawa korban jiwa.  Sesaat kemudian, kita pun kembali memburu waktu karena nyaris terlambat untuk bertemu klien.  Sambil membayangkan raut murka bos dengan sadar menerobos lampu merah dan merasa bersyukur, bisa jadi bangga saat lolos melakukannya.  Di lain kesempatan memotong antrian untuk masuk kendaraan umum, bahkan menyikut orang lain demi sepotong bangku di pojokan commuter line.

Setiap hari, kita seolah dikepung oleh berbagai hal yang menyebalkan, membuat kondisi kacau bahkan menimbulkan bencana yang lebih luas lagi. Dari pengalaman sehari-hari hingga serbuan berita di berbagai saluran kita dengan aneka krisis: dari energi, pangan, kepercayaan, keuangan.  Memberikan gambaran bahwa dunia yang kita huni kelam sekali.   Macet semakin membuat orang stress dan putus asa. Sayangnya banyak yang berubah menjadi monster bagi orang lain dan menambah kemacetan.

Rasa nya kita ingin menjadi pahlawan. Menyelamatkan dunia. Memberi makan orang-orang yang selalu kekurangan makanan. Mengembalikan hutan menjadi rindang agar orang utan, harimau, gajah punya tempat untuk hidup dan berlindung lagi. Sayang, kita tidak bisa terbang, apalagi memiliki kekuatan super untuk menangkap para penjahat yang mengacaukan seiisi bumi.

Change the way you see yourself

Tapi sebagai sebagai pribadi, masing-masing kita bisa ikutan membenahi kondisi yang ada. Kalimat ini selalu bisa mengangkat mood saat sedang kelelahan menghadapi keadaan yang kadang bikin penat : Change the way you see yourself. Ya, sesederhana dengan dengan mengubah cara pandang kita terhadap diri kita sendiri. Dari pada mengatakan, apa sih yang saya lakukan untuk membereskan berbagai keruwetan yang ada. Lebih baik mulai saja dengan langsung melakukan ini, itu, dan lainnya lagi yang bisa langsung dilakukan.

Segera stop ngedumel karena rekan satu tim tidak kelar-kelar mengerjakan bagiannya dan selalu berulang hingga semua harus ikut pulang malam.  Lebih baik langsung tanyakan saja apa yang bisa dibantu agar pekerjaan lebih cepat selesai. Kepanasan akibat tidak ada satu pohon pun di pinggir jalan, mulailah dengan menanam satu batang di depan pekarangan.  Saat sudah bertumbuh besar dan rindang, orang pun senang melintas dibawahnya. Belum lagi burung jadi rajin bertandang. Sebelum member makan orang lain, makan secukupnya.  Bukan saja baik bagi tubuh, tetapi juga member peluang orang lain untuk menikmati makanan, dan lebih hemat: energi dan uang!

Banyak hal baik yang bisa diwujudkan saat kita mengubah cara pandang kita melihat diri sendiri.  Temukan berbagai kemampuan yang tersembunyi karena selama ini fokus pada kekurangan diri. Sifat ramah yang dimiliki bisa membuat orang lain bersedia menerima masukan dengan legowo. Panjang sabar sedikit saja, bisa mencegah kemacetan di perempatan jalan.

Selamat melihat kembali diri sendiri dengan berbagai kemampuan yang dimiliki.  Kelemahan, biar saja jadi catatan tidak perlu terlalu dipusingkan. Karena kemampuan masing-masing orang yang bisa mengubah kondisi jadi lebih menyenangkan.

Locavore • May 22, 2014


Previous Post

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *