100 persen Pangan Lokal

i'm Locavore

2

Lomba Poster Pangan Lokal

poster lomba poster PL-01

LOMBA DISAIN POSTER PANGAN

 

LATAR BELAKANG

Manusia membutuhkan makanan untuk keberlanjutan hidupnya sehari-hari. Tetapi, semakin jauh jarak manusia dari wilayah penghasil pangan, semakin sedikit perhatian terhadap pangan yang dinikmati dan menghidupi.  Seiring dengan terjadinya perubahan iklim, kualitas lingkungan yang memburuk, lahan pertanian atau lautan yang menyempit, berkurangnya jumlah petani, nelayan, pekebun dan penghasil pangan skala kecil lainnya, membuat proses penyediaan pangan semakin sulit.

Perhatian konsumen, terutama yang di kota, terhadap pangan masih terbatas pada: jumlah, rasa, harga dan makan dimana.  Dari sisi usia, perhatian terhadap pangan pun bervariasi, secara umum, semakin sibuk, pola makan kian  tak beraturan: kaya lemak, garam, gula dan miskin serat.  Jenis makanan “cepat saji” semakin mendominasi pilihan makanan kelompok muda.  Pertimbangan memilih makanan menjadi gengsi, praktis dan murah (survey PIB, 2011).  Situasi ini berpotensi menghadirkan masalah kesehatan dimana depan, diantaranya ancaman diabetes dan penyakit jantung.  Saat ini, jumlah orang muda yang berusia 10-24 tahun (Badan Pusat Statistik, 2011) ada 63 juta lebih, 26% dari penduduk Indonesia.

Dalam 5 tahun terakhir, harga pangan di tingkat dunia melonjak tak terkendali, membuat sekitar 70 juta orang terjerat dalam kemiskinan ekstrim. Di Indonesia, harga pangan yang terus meningkat menambah jumlah orang miskin.   BPS mencatat hingga akhir September 2013 ada 28,55 juta orang yang hidup dalam kemiskinan, bertambah 480.000 orang dibanding Maret 2013 (Kompas, 6 Januari 2014). Sebagian besar yang terjerat dalam kemiskinan adalah mereka yang sumber penghidupannya menghasilkan pangan: petani, nelayan, pekebun kecil.  Upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan melalui impor pangan, semakin menghantam mereka, karena konsumen kita masih menjadikan harga murah sebagai pertimbangan utama.

 

Situasi pangan berkaitan erat dengan kondisi idiologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.  Bahkan juga menyangkut ketahanan dan keamanan. Henry Kissinger, Mantan menteri Luar Negeri AS, menyatakan: ’Control oil and you control nation. Control food and you control people”.  Mengingat pentingnya pangan dalam kehidupan manusia, berbagai aspek terkait dengan pangan perlu didorong untuk kembali menjadi perhatian publik.  Demikian juga nasib dan kesejahteraan para penghasil pangan berskala kecil: petani berlahan sempit, nelayan tradisonal dan pekebun mandiri.

 

Melihat kondisi ini, Aliansi untuk Desa Sejahtera mengajak kelompok muda diantaranya mahasiswa untuk aktif dan mengambil bagian dalam upaya mendorong terwujudnya sistem pangan lokal yang sehat dan berkeadilan. Ajakan ini melalui kegiatan Kompetisi Disain Poster 2014 dengan tema Pangan Lokal yang sehat dan berkeadilan. Poster dipilih akan menjadi media penyampaian pesan, dan digunakan dalam berbagai kampanye sosial.

 

LINGKUP KARYA DAN PESERTA LOMBA

Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk Mahasiswa

Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau direproduksi dengan teknik fotografi digital sehingga format akhir dari desain poster berwujud digital. Tujuan dari digitalisasi ini adalah untuk mempercepat serta mempermudah penyebaran pesan melalui media sosial dan mengurangi konsumsi kertas serta tinta.

Peserta lomba adalah mahasiswa Desain Komunikasi Visual dari Perguruan Tinggi di Indonesia, yang berstatus aktif kuliah dan memiliki bukti yang sah atas status tersebut dari institusi terkait.

 

OBJEKTIF LOMBA

a. Tema poster:
“Pangan Lokal : Merayakan Keberagaman Budaya Pangan Kita”

b. Target poster:
Target utama komunikasi adalah masyarakat luas, dan peserta dapat memilih target sasaran sesuai dengan minat: anak-anak, ibu rumah tangga, anak muda, publik secara umum.

c. Tujuan poster:

  • Mengkomunikasikan pentingnya Pangan Lokal bagi kemandirian Indonesia.
  • Mengkomunikasikan berbagai jenis pangan lokal yang penuh gizi, lebih sehat dan mendukung penghidupan petani, nelayan, pekebun kecil di pelosok negeri.
  • Mengajak public untuk mengkonsumsi pangan lokal yang dimiliki.

KETERANGAN TEKNIS LOMBA

a. Format karya poster:

  • karya asli (hi-res):  ukuran 60 cm X 84 cm, dibuat dengan format RGB, TIFF, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 84 cm, 300 pixels/inch), posisi vertical.
  • thumbnail karya (low-res): dibuat dengan format RGB, JPG, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size kurang dari 220 KB.

b. Ketentuan karya:

  • Desain poster yang diserahkan dan masuk menjadi finalis, bersedia mendukung kampanye pangan lokal yang dilakukan oleh Aliansi untuk Desa Sejahtera.
  • teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan). Pelanggaran akan membatalkan penghargaan.
  • karya dapat berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
  • karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau direproduksi dengan teknik fotografi digital sehingga format akhir dari desain poster berwujud digital,
  • hak cipta atas karya yang diterima panitia adalah milik peserta lomba. Aliansi untuk Desa Sejahtera selaku penyelenggara kompetisi berhak mempublikasikan karya terpilih dengan mencantumkan nama pembuat karya sebagai pemegang hak cipta. 

c. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:

  • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli (hi-res) dan thumbnail karya (low-res).
  • 1 buah karya hasil printout ukuran A4 ditempel pada kertas tebal ukuran A4
  •  1 Data  (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
  • 1 lembar fotocopy KTP
  • 1 lembar fotocopy kartu pelajar atau mahasiswa
  • 1 surat keterangan yang menyatakan bahwa mahasiswa berstatus aktif.
  • Tulis “Kompetisi Desain Poster Pangan Lokal” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.

 

d. Waktu dan alamat pengiriman karya:

  • paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal:
    30 Juni 2014, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
  • karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia (pada jam kerja)

PENJURIAN

Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior, pendidik/dosen DKV dan wakil dari Aliansi untuk Desa Sejahtera.

Kriteria Penilaian:
– orisinalitas karya,
– kesesuaian tema dan konsep desain,
– lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
– inovasi serta sisi artistik penyajian visual.

– penyebaran di media sosial (fb, twitter).

 

PENGHARGAAN

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:

  • Pemenang pertama: uang Rp. 3.500.000,-  + paket pangan lokal sehat
  • Pemenang kedua: uang Rp. 2.000.000,-  + paket pangan lokal sehat
  • Pemenang ketiga: uang Rp. 1.500.000,- + paket pangan lokal sehat

Karya pemenang dan finalis  akan dipamerkan untuk mendukung kampanye Pangan Lokal yang dilakukan oleh Aliansi untuk Desa Sejahtera. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada akhir Juni 2014. Karya finalis akan ditayangkan di website www.100persenpanganlokal.org  serta facebook DesaSejahtera dan beberapa kegiatan kampanye populer untuk mendukung para petani, nelayan, pekebun kecil yang menghasilkan pangan bagi kita.

Karya yang masuk menjadi milik panitia. Tidak diadakan komunikasi apapun dengan panitia.

Alamat pengiriman karya (pada jam kantor: 09.00 – 16.00)
Panitia Lomba Desain Poster Digital ADS
Pangan Lokal “Merayakan Keberagaman Budaya Pangan Kita”

Jl. Kebagusan Raya No.4, Jatipadang, Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520

Telp. 021-78831920
Kontak Panitia:
Nanin:  021-78831920

 

 

Profil Singkat Aliansi Untuk Desa Sejahtera
Aliansi untuk Desa Sejahtera merupakanaliansi dari 15 Ornop dan jaringan dengan fokus kerja mengupayakan penghidupan pedesaan yang lestari dengan fokus utama pada masalah Pangan.  Aliansi untuk Desa Sejahtera memiliki 4 pilar untuk memperkuat penghidupan di pedesaan (1) akses terhadap sumber daya alam, (2) akses pasar, (3) adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, dan (4) keadilan gender.

Locavore • May 29, 2014


Previous Post

Next Post

Comments

  1. rai June 23, 2014 - 3:09 pm Reply

    mau tanya formulir lomba nya bisa di download dimana ya?
    terkait penilaian yang “disebar ke media sosial” itu maksdnya bagaimana ya?
    apakah peserta harus mempromosikan poster yang dibuatnya ke media sosial, apakah tidak apa-apa, terkait karya yang akan di lombakan. terimakasaih
    dan kapan harus memulai menyebarkan ke media sosial?

  2. Nadhia August 30, 2014 - 6:31 am Reply

    Hallo
    Kira-kira kapan ya pengumuman lomba posternya?
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *